News

Review Crash Team Racing Nitro-Fueled

Rilis ulang dari game lama dengan grafis yang diperbagus bukanlah hal yang baru. Banyak pemain yang menginginkan beberapa game dibuat ulang dan banyak yang ingin merasakan nostalgia kembali. Dengan dalil nostalgia, kadang-kadang rilis ulang game lama yang laris menjadi salah satu cara developer untuk menambang uang dari gamer. Tapi untungnya untuk Crash Team Racing Nitro-Fueled, game tersebut kembali bersinar dengan tampilan grafis yang memukau. Berkat pembaruan modern di tempat yang tepat, memainkan game ini hari ini rasanya sama bagusnya dengan versi aslinya 20 tahun yang lalu.

Ada beberapa yang mencemaskan bahwa Crash Team Racing Nitro-Fueled akan menjadi game yang jelek karena tidak dibuat oleh developer aslinya yaitu Naughty Dog. Untungnya developer Beenox telah membuktikan betapa mengesankan game ini dan hampir sama seperti karya asli Naughty Dog sementara juga melakukan tweak dengan cara yang benar. Game aslinya memiliki 18 trek telah ditambahkan 13 trek lebih banyak pada sekuelnya. Dengan daftar sirkuit yang banyak dan berbeda secara topografis dan visual, dari terowongan bawah air ke gua es hingga gua-gua gurun. Visual yang sudah ada dari versi aslinya juga sudah diberi tambahan-tambahan terlihat sangat memukau dan ditambah dengan lagu yang bagus. Coco Park memiliki bunga-bunga merah muda yang cantik berserakan di seberang jalan, sementara Tiger Temple sepertinya diambil langsung dari Uncharted 4 dan Electron Avenue terasa seperti berpacu melalui visi Blade Runner tentang Los Angeles.

Untuk handling memang membutuhkan waktu untuk membiasakan diri. Bagi siapapun yang pernah memainkan Mario Kart, power slide dalam Crash Team Racing akan terasa sangat berbeda, kadang-kadang terlalu sensitif dan mungkin orang lain tidak cukup sensitif – Akibatnya mungkin beberapa peti akan terlewatkan atau menabrak benda-benda diam. Namun, begitu kalian menemukan kembali kontrol dan mekanik yang benar – yang mengharuskan kalian menahan satu tombol ke bawah untuk drift dan menekan tombol lainnya dengan waktu yang tepat untuk mendapatkan boost – Dengan kontrol yang benar, kalian akan menemukan kedalaman yang lebih besar daripada metode belokan yang ada di pembalap kart lain. Kalian dapat membuat chain untuk mendapatkan boost untuk akselerasi yang lebih cepat (tetapi dengan risiko berputar), jadi meskipun lebih sulit untuk dikuasai, kekuatan slide Crash Team Racing memberi hadiah yang lebih besar bagi mereka yang mau berdansa dengan drift.

Rangkaian power-up dalam Nitro-Fueled bisa menjadi hambatan di jalur kalian menuju garis finish. Banyak yang mirip dengan Mario Kart – Crash Green Beakers adalah pisang Mario, Crash Aku Aku dan Uka Uka adalah Mario Super Star dan sebagainya. Tetapi, sekali lagi, Crash Team Racing memberikan sentuhan yang menarik. Mengumpulkan Wumpa Fruit mempercepat dan meningkatkan power-up kalian. Green Beakers dapat berubah menjadi Red Beakers yang lebih mematikan, TNT – yang dapat dilepaskan – menjadi Nitros yang langsung meledak, dan seterusnya. Ketika power-up, boost pad, dan handling bergabung, Nitro-Fueled menawarkan sensasi kecepatan yang menggembirakan.

Bagaimanapun juga, Power-up ini kadang-kadang bisa membuat frustasi selama mode Adventure CTR, yang memiliki misi untuk finish pertama di semua trek. Selain itu ada beberapa tantangan tambahan seperti mengalahkan waktu tertentu atau mengumpulkan sejumlah kristal. Menang di setiap trek tentu saja dapat dikelola, kecuali beberapa balapan yang lebih rumit, sampai kalian mencapai pertarungan bos, yang terasa sedikit tidak adil karena bos lebih cepat daripada karakter yang dapat dimainkan dan mendapatkan peningkatan power-up tanpa batas.

Dalam upaya untuk memodernisasi mode adventure ini, Beenox telah menambahkan varian yang memungkinkan kalian untuk beralih karakter di antara ras dan menyesuaikan kesulitan. Jika kalian ingin bermain dengan tingkat kesulitan yang sangat menantang, kalian dapat memilih tingkat kesulitan tersebut juga.

Di luar mode Adventure, tentu saja ada balapan standar atau piala tunggal, serta mode Pertempuran yang luas. Di dalamnya ada beragam jenis permainan seperti Capture the Flag dan pertempuran terakhir ala Last Kart Driving. Mode ini sangat menyenangkan, tetapi karena kurangnya pemain (maksimal delapan, termasuk AI dalam permainan lokal) agak membatasi kekacauan, sehingga pertandingan terkadang terasa sedikit membosankan. Setelah patch hari pertama, balapan online dapat dengan mudah ditemukan dan berjalan lebih lancar dari sebelumnya, namun beberapa lobi masih mengalami setengah detik lag – Jadi kadang-kadang mendapati diri kalian meledak hanya sepersekian detik sebelum musuh kalian terlihat.

Selain mode Adventure, kustomisasi karakter juga telah dimodernisasi. Seperti pada versi aslinya, kalian dapat memilih karakter tergantung pada preferensi kalian yang memilih kecepatan tinggi, akselerasi lebih cepat, atau handling yang lebih baik. Namun, kini kalian juga dapat mengubah penampilan kart dan karakter kalian, dengan pilihan skin, badge, job paint, outfits, dan seluruh kart dan karakter baru dapat dipilih. Kebanyakan item ini bisa didapatkan melalui bermain, tetapi juga dapat dibeli dengan mata uang dalam game melalui toko.