News

Jerman : Gaming Disorder Dapat Disembuhkan

Gaming Disorder

Berapa banyak dari kalian semua yang terkena penyakit gangguan jiwa? Jangan salah, di 2019 ini, kebanyakan bermain juga bisa menjadi salah satu orang berpenyakit jiwa loh! Lantas apakah JGamer sekalian harus ditempatkan di rumah sakit jiwa? Hmm… Lebih baik baca berita berikut!

Pada Mei 2019, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi mengakui bahwa “gangguan permainan” (gaming disorder) sebagai penyakit internasional. WHO mendefinisikan gangguan permainan sebagai “pola perilaku permainan yang ditandai dengan gangguan kendali diri ketika bermain.”

Hasilnya, dapat penurunan secara signifikan pada personal, keluarga, sosial, pendidikan, pekerjaan atau bidang penting lainnya. Namun baru-baru ini, peneliti Jerman mengklaim telah menemukan pengobatan jangka pendek yang efektif untuk video game dan kecanduan internet.

Menurut para peneliti, dengan menggunakan terapi perilaku kognitif (CBT) daripada obat-obatan psikiatris dan menghasilkan tingkat remisi 70 persen di antara pasien yang kecanduan internet dan penggunaan video game.

Penelitian ini dilakukan dari tahun 2012 hingga 2017 di empat klinik rawat jalan di Jerman dan Austria. Penelitian dilakukan pada 143 pria yang secara acak dibagi menjadi dua kelompok – 72 yang menerima pengobatan dan 71 yang akan bertindak sebagai pengendali.

Metode dalam penelitian ini berusaha untuk mengubah hubungan pasien dengan video game dan penggunaan internet, daripada menghapusnya sepenuhnya, kata Kai W. Müller, salah satu penulis penelitian ini.

“Tujuan utama kami adalah untuk tidak menjauhkan pasien dari game apapun, melainkan untuk memungkinkan mereka [mengendalikan] perilaku mereka.”

Wah, ternyata serem juga ya, sampai harus pakai terapi. Makanya JGamers, kalau main game juga harus ingat waktu ya!

Categories: News

Tagged as: