Mobile

Star Ocean : Terima Kasih Telah Meramaikan Hari Kami

Star ocean anamnesis

Popularitas Star Ocean sebagai salah satu franchise JRPG paling ikonik memang sudah bertahan kuat selama beberapa dekade, namun di tahun 2016 lalu franchise ini sempat mendapat resepsi buruk akan rilisnya seri Star Ocean: Integrity and Faithlessness yang tidak berhasil menjawab ekspektasi fans. Demi mempertahankan nama franchise ini, pihak Square Enix sudah melakukan beberapa upaya termasuk mengembangkan game mobile yang berjudul Star Ocean: Anamnesis.

Game ini sebenarnya berhasil mendulang kesuksesan yang manis di Jepang. Apalagi dengan adanya berbagai event kolaborasi menarik dengan franchise JRPG lain seperti NieR: Automata hingga Sakura Wars, minat pemain juga terus meningkat dari waktu ke waktu. Sayangnya kedudukan game ini justru berkebalikan di wilayah barat, dimana basis pemainnya terus menurun dan tidak lagi menunjukkan minat yang kuat.

Karenanya, pihak developer memutuskan untuk mematikan Star Ocean: Anamnesis versi global. Pengumuman ini disampaikan lewat postingan Twitter dari halaman resmi gamenya, dimana mereka akan menutup layanan mulai tanggal 5 sampai 6 November mendatang. Pemain masih bisa mengakses gamenya dan menggunakan gem yang sudah dimiliki, namun mulai hari ini seluruh in-app purchase dalam gamenya sudah tidak bisa diakses.

Sebagian besar pemain tentunya merasa sangat kecewa dengan pengambilan keputusan ini, karena bagaimana pun juga mereka sudah menghabiskan uang hingga usaha grinding yang intens untuk mendapatkan konten yang diinginkan. Untungnya penutupan ini hanya berlaku untuk versi global, jadi bagi kamu yang tertarik memainkan Star Ocean: Anamnesis, kamu masih bisa mengunduh versi Jepang dari gamenya untuk Android dan iOS.

Categories: Mobile

Tagged as: