News

KKN di Desa Penari : Inilah Tarian yang Harus Ditarikan Ayu Seumur Hidupnya!

KKN di Desa Penari

Mau tau berita game terupdate kini? Mau gak dibilang katro. Mau dapat hadiah pulsa gratis? Yuk Like FB Jurnal Game, akan ada hadiah pulsa gratis senilai 100rb yang diundi setiap kelipatan 1000 likers loh! Klik disini!!

Kisah mengenai KKN di Desa Penari sudah banyak merebak di berbagai media. Meskipun cerita ini belum jelas diketahui kenyataannya, namun bayangkan, apabila kisah ini memang nyata dan gaib itu ada, berarti sampai saat ini dari tahun 2009 Ayu masih sedang menarikan tarian yang mengutuknya tersebut di alam sana.

Penasaran dengan tarian seperti apa yang Ayu tarikan? Berdasarkan analisa geografis dan hasil dari research para netizen, kru JGames telah merangkum beberapa tarian mistis yang kemungkinan besar berhubungan erat dengan budaya yang ada di Desa Penari tersebut

  1. Tarian Seblang

Menurut Wikipedia : Ritual Seblang adalah salah satu ritual upacara masyarakat Osing yang hanya dapat dijumpai di dua desa dalam wilayah kecamatan Glagah, Banyuwangi, yakni desa Bakungan dan Olehsari. Ritual ini dilaksanakan untuk keperluan bersih desa dan tolak bala, agar desa tetap dalam keadaan aman dan tentram. Ritual ini mirip seperti ritual Sintren di wilayah Cirebon, Sanghyang dedari di Pulau Bali.

Para penarinya dipilih secara supranatural oleh seseorang yang biasa disebut masyarakat sekitar dengan Gambuh atau juga dikenal sebagai pawang, dan biasanya penari harus dipilih dari keturunan penari seblang sebelumnya. Di desa Olehsari, penarinya haruslah gadis yang belum akil baliq, sedangkan di Bakungan, penarinya haruslah wanita berusia 50 tahun ke atas yang telah habis masa haidnya (menopause).

2. Tari Sintren

Tarian ini dilakukan oleh wanita dengan mengenakan kacamata hitam. Nggak sembarang orang bisa menarikannya. Konon saat beraksi ini penari akan dirasuki sosok gaib yang dipercaya merupakan penguasa daerah Jawa, Dewi Lanjarsari.

Awalnya tangan gadis penari ini diikat oleh semua pawang dalam keadaan tidak berdandan. Kemudian, mereka memasukkan gadis itu ke dalam kurungan sempit. Ajaibnya, setelah kurungan bergetar, maka si gadis penari itu keluar dari kurungan sempit tersebut. Setelah itu, si gadis itu tampil dengan penampilan yang berbeda dari keadaan semula.

Tari Sintren

Kedua tangan gadis itu tidak terikat lagi. Penampilannya sudah berdandan cantik dengan mengenakan kacamata hitam. Gadis penari Tarian Sintren ini siap menari tanpa kendali atau menari dalam keadaan kesurupan.

4. Tarian Salai Jin

Pada zaman dahulu tarian ini dilakukan oleh nenek moyang masyarakat Ternate untuk dapat berkomunikasi dengan jin di alam gaib.Ada banyak maksud kenapa suku Ternate pada masa itu meminta bantuan bangsa jin dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Dulu belum ada rumah sakit dan sistem pemerintahan masih sederhana, sehingga hal-hal gaib semacam ini masih diandalkan ketika ada masalah seperti musim kering berkepanjangan atau penyakit yang tak kunjung sembuh.

Tarian ini dilakukan berkelompok dari pria dan wanita yang jumlahnya haruslah genap untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Diawali dengan masuknya kelompok pria di arena tari lengkap dengan tempat berisi kemenyan yang sudah dibakar di tangan mereka.

Para penari wanita kemudian memasuki arena tari dan membaur dengan penari pria. Wanita-wanita tersebut membawa woka atau seikat daun palem yang telah kering di tangan mereka untuk melindungi dari kekuatan roh-roh jahat. Tarian terus dilakukan sampai para wanita berlutut di tengah kelompok pria yang sedang memegang bakaran kemenyan. Selanjutnya mereka mulai tak sadarkan diri, hingga mulai menari dengan berputar-putar seperti kemasukan.

Nah kira-kira menurut JGamers sekalian yang mana nih yang merupakan tarian yang Ayu tarikan di kisah Desa Penari?

Categories: News

Tagged as: