Anime

Federasi Esports Indonesia Resmi Berdiri, Hak Gamer Terjamin

Satu wadah baru bagi para pelaku di Industri esports hadir di Indonesia, Federasi Esports Indonesia (FEI). Federasi ini bertujuan untuk membantu para penggiat esports terkait permasalah-permasalahan, standarisasi hingga hal-hal lainnya yang terjadi di lapangan.

Adapun pengenalan Federasi Esports Indonesia (FEI) ini dilakukan hari ini, Selasa, 8 Oktober 2019 dan dihadiri langsung oleh ketua umum FEI, Andrian Pauline, serta wakil ketua umum FEI, Giring Ganesha.

Dalam pemaparannya, disampaikan bahwa keberadaan FEI hadir dengan melibatkan berbagai elemen seperti para pemilik tim yang hadir hingga perwakilan publisher game lokal dengan adanya Andi Suryanto (CEO Lyto dan juga pendiri AGI).

FEI hadir untuk menyelesaikan masalah-masalah yang menimpa pelaku-pelaku di Industri Esports, seperti yang disampaikan Andrian Pauline atau yang kerap disapa AP. Beliau memberi contoh permasalahan poaching.

Poaching merupakan salah satu masalah yang jika dibiarkan akan menghambat perkembangan esports sendiri. Perlu adanya satu aturan bagi tim-tim untuk mendekati pemain, bukan hanya diawali dengan ‘sekadar’ ngobrol-ngobrol, yang ternyata ada pendekatan di sana.

Selain itu, ada juga permasalahan yang menimpa talent seperti shoutcaster atau bahkan MC esports yang telat dibayar atau melebihi batas waktu akhir pembayaran. FEI bisa menjadi wadah untuk mengadu mengenai permasalahan yang terjadi sehingga hak seseorang bisa didapatkan.

Tambahan lainnya mengenai hal yang akan ‘disentuh’ oleh FEI adalah mengenai standarisasi dari sebuah turnamen. Agustian Hwang selaku country Manager MET Indonesia, yang juga bergabung dengan FEI mengatakan hal tersebut juga akan menjadi concern dari FEI.

Harapannya, FEI akan menjadi tempat yang pas untuk pelaku di industri Esports seperti pemain, tim owner, shoutcaster, content creator, bahkan hingga EO, yang menurut dia adalah tulang punggung dari ekosistem esports itu sendiri.

Categories: Anime, Mobile, Movie, News, PC, PS4, Switch, Xbox One