Anime

Tanpa Microtransaction, Doom Eternal: Bukan Game F2P Atau Mobile

Doom Eternal semakin mendekati tanggal rilis. Dari preview awal yang para media dan influencer cicipi beberapa hari terakhir, semuanya memberikan respon positif. Hal ini membuat fans semakin tak sabar untuk segera memainkan sekuel dari Doom (2016) ini. Melihat ini game keluaran dari publisher kelas AAA, pertanyaan muncul akan apakah game miliki monetisasi ekstra dalam bentuk microtransaction, developer konfirmasikan itu tidak terjadi.

Hugo Martin, creative director dari Id Software membalas salah satu pertanyaan fans yang ada di Facebook dengan jawaban sebagai berikut:

“Tidak ada store. Semua yang kamu buka di Doom Eternal lewat XP tidak ada dampak apapun pada kemampuan pemain atau juga konten yang pengaruhi permainanmu dalam bentuk apapun. Satu-satunya yang dapat kamu buka dengan XP hanyalah kosmetik. Kosmetik ini tidak ada pengaruh apapun terhadap cara bermainmu, mereka sifatnya hanya untuk terlihat keren. Doom Eternal adalah game $60, bukan free-to-play maupun mobile – kami memberimu pengalaman bermain yang komplit tanpa store apapun. Membuka skin dengan XP adalah bagian dari pengelaman tersebut apabila kamu peduli akan hal semacam itu atau kamu juga bisa mengabaikannya dan ia takkan berpengaruh apapun terhadap pengalaman bermainmu, semuanya gratis.”

Dengan microtransaction telah menjadi standar di mata para publisher besar, tentu melihat game rilis tanpa monetisasi tambahan semacam ini menjadi sesuatu yang menenangkan bagi fans. Tapi tentu ini tidak menutup sepenuhnya game akan bersih dari konten berbayar untuk kedepannya. Activision pernah melontarkan janji serupa pada saat merilis Crash Team Racing: Nitro Fueled, tetapi justru tak lama setelah rilis mereka mengikari janji mereka. Apakah hal serupa akan terjadi Doom Eternal nantinya? Semoga saja tidak.

Categories: Anime, Mobile, Movie, News, PC, PS4, Switch, Xbox One