Anime

Kelangkaan Komponen Akan Menentukan Harga PS5!

Generasi konsol game berikutnya akan segera tiba. Sony dan Microsoft berada di tengah-tengah perang konsol dan masing-masing perusahaan berusaha mengurangi pesaing mereka sambil menyediakan produk yang lebih kuat. Namun, sebuah laporan baru-baru ini mengungkapkan masalah manufaktur mungkin akan meningkatkan harga eceran PlayStation 5.

Menurut Bloomberg, “orang yang memiliki pengetahuan tentang masalah ini” mengklaim bahwa setiap unit PlayStation 5 akan dikenakan biaya total sebesar $450 untuk diproduksi. Penyebab di balik ini adalah kelangkaan komponen dan biaya terkait.

Sementara Sony masih belum mengomentari masalah ini, Bloomberg menyatakan bahwa perusahaan mengalami kesulitan mengamankan stok DRAM dan NAND flash memory. Komponen-komponen ini berada dalam permintaan tinggi hingga akhir-akhir ini karena produsen smartphone juga menggunakannya untuk memproduksi produk generasi mereka berikutnya sendiri.

Namun, biaya pembuatan PlayStation 5 tidak hanya ditentukan dari memori flash. Menurut sumber dari Bloomberg, Sony memilih sistem pendingin yang luar biasa mahal. Perusahaan mengeluarkan beberapa dolar per unit (biasanya sistem pendingin konsol berharga kurang dari satu dolar) untuk memastikan bahwa “pembuangan panas dari chip yang kuat yang berada di dalam konsol bukan masalah.”

Mengingat biaya produksi PlayStation 5, Bloomberg memperkirakan konsol akan dijual setidaknya $470. Mereka memperkirakan angka ini dengan memanfaatkan margin penjualan PlayStation 4 asli, yang dijual seharga $399 dan biaya $381 untuk memproduksinya.

Sisi baiknya, coronavirus tidak akan memengaruhi harga atau jadwal rilis PlayStation 5. PlayStation 5 dijadwalkan diluncurkan akhir tahun ini. Kita masih harus menunggu dan melihat apakah prediksi harga Bloomberg ini nantinya akan menjadi kenyataan.

Categories: Anime, Mobile, Movie, News, PC, PS4, Switch, Xbox One