Anime

Virus Corona Dipaksa Bekerja di Kantor? Yuk Permalukan Perusahaanmu Lewat Situs Ini!

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) maupun pemerintah Indonesia telah mengeluarkan himbauan agar semua penduduk belajar, bekerja, dan beribadah di rumah, serta menjaga jarak jarak di tempat umum demi menghambat penyebaran virus corona pemicu penularan COVID-19. Imbauan ini juga diarahkan pada perusahaan—terutama yang bidang usahanya bukan pelayanan, jasa, atau manufaktur—agar bisa mengubah budaya kerja ke rumah.

Kenyataannya, lebih dari sepekan setelah imbauan itu disampaikan ke publik, tak semua perusahaan di Tanah Air dalam kategori di atas bersedia menerapkan kebijakan bekerja dari rumah (WFH). Ada yang menerapkan sistem piket, sebagian lagi tetap masuk seperti biasa. Mengingat ganasnya virus corona yang bahkan tidak menimbulkan gejala apapun pada pengidapnya, urusannya bukan lagi soal produktivitas melainkan keselamatan karyawan dan keluarga mereka.

Apa sih alasan petinggi perusahaan yang ngeyel bisa WFH tapi tak melakukannya ogah mengubah budaya kerja kantor? Apakah target-target kuartal pertama 2020 lebih penting dibanding nyawa karyawan?

Rupanya bukan cuma perusahaan di Indonesia yang ngeyel seperti ini. Di banyak negara, banyak perusahaan dengan bidang usaha kerah putih yang ngotot memerintahkan pegawai ke kantor seperti biasa.

Merespons kengeyelan tersebut, sekelompok aktivis Internet lintas negara membuat situs anonim bernama Shame Your Company, bisa dipergunakan karyawan untuk melampiaskan emosi pada perusahaan-perusahaan yang mengabaikan keselamatan pekerjanya. Tak cuma itu, profil perusahaan tersebut sekalian diumbar kepada publik di seluruh dunia.

Panplayers ada yang masih bekerja di kantor? Yuk akses situsnya!